Pages

Tuesday 17 August 2010

Membuat Kartu Ucapan Yang Bikin Mimisan

FINAL IMAGE:


Halo teman-teman. Sepertinya gue udah lama ga update blog ini. Astaga, maaf. Abis gue bingung mau kasih tutorial apaan. Sebelumnya, maafin judul postingan yang lebay itu. Mungkin efek dari perut yang nyayi seriosa pas gue bikin postingan ini. So, buka Adobe Photoshop kalian dan mari kita mulai.

Buat document baru (CTRL+N) di Adobe Photoshop kalian, buat dengan ukuran berapapun sesuka kalian (ingat, semakin besar detilnya semakin bagus) atau dengan weight 1920px dan height 1200px dengan resolution 72pixels/inch kalo kalian mau gambar ini ditaruh di desktop komputer kalian. Pilih Paint Bucket Tool (B) dan untuk isian warnanya gunakan warna #353430.

Untuk membuat background jaring-jaring, download polanya disini. Copy file pola tadi dan paste ke C:/Adobe/Photoshop/Presets/Patterns.

Buat layer baru dan gunakan Paint Bucket Tool (B) untuk mengisi dengan warna #959595.

Untuk layer yang barusan dibuat, pasang Opacity nya menjadi 41% dan klik Add a layer style di ikon yang ada dibawah Layer Window. Pilih Pattern Overlay, pilih Pattern Picker dan pola yang tadi sudah didownload bisa di tambahn dari Picker’s submenu.

Kalo kalian bener follow step by step nanti hasilnya seperti ini:

Masih di layer yang sama, klik Add a Mask ikon di bawah Layer Window dan pergi ke Brust Tool (B) pilih Soft Round Brush dengan ukuran 100px. Di Option Bar, ubah setting Opacity-nya jadi 15%.

Gunakan brush tadi untuk membersihkan tepi-tepi gambar.

Buat copy-an dari layer yang terakhir dibuat and isi Fill nya 0%. Klik Add a Layer Style ikon lagi dan pilih Gradient Overlay.

Dan hasilnya akan seperti ini:

Klik Horizontal Type Tool (H), atur font, ukuran dan warna di Character Panel sesuai selera. Kalo di gambar ini, gue pake setting seperti ini.



Buat kalimat apapun sesuka kalian, disini gue buat HAPPY RAMADHAN 2010.

Klik Add Layer Style, pilih Drop Shadow dan Gradient Overlay. Ubah settingannya seperti gambar dibawah ini.





Buka Gradient Editor dan buat warna dengan campuran seperti ini. Untuk warna yang bawahm gunakan kode warna berikut #FFFEF7, #F3E7CF, #6A6C69.

Tekan CTRL+T untuk merubah ukuran atau menggeser tempat hingga hasilnya seperti ini.


Ini file photoshop dari tutorial diatas. Bisa didownload, gratis.

Selamat Mencoba dan selamat berpuasa.

P.S. Saat gue ga bisa posting untuk blog ini, biasanya gue lagi suka nulis di Daily Blog gue “Dewi19th Blog”. Umur daily blog gue bulan ini udah 1 tahun aja. Kalian ngeblog udah berapa lama?

No comments: