Pages

Sunday 27 June 2010

Bukan Mulai Menari Tapi Mulai Blogging (yang baik)

Gue udah ada 5 kali posting di blog ini dan tampaknya gue lupa ngasih tahu gimana enaknya ngawalin blogging itu. Let’s get started.

1. Buat blog
Tentu aja kalian udah pada ngerti, yang namanya ngeblog emang harus di mulai dari punya blog sendiri. Ini caranya gampang, untungnya ada beberapa blog gratisan yang bisa lo pake di dunia maya. Yang paling terkenal, paling banyak dan paling gampang di pakai adalah Blogspot.com dan Wordpress.com. Ada juga yang lain seperti, Multiply.com dan Wix.com. Kalau di Wix.com, ini bentuk blog kalian jadi Flash. Jadi banyak efek-efeknya gitu. Lumayan seru. Masuk ke sitenya dan ikutin aja alur pendaftarannya. Sebelumnya, siapin account e-mail yang masih aktif, saran gue di Gmail aja.

2. Daftar ke Mesin Pencari
Daftarin blog lo ke mesin pencari (search engine) seperti http://google.com/addurl, Alexa dll. Biar blog lo tampil di mesin pencari. Atau kalau ingin berbisnis bisa daftarin blog lo di Addsense.com. Gue? Gue belom tertarik ikutan.

3. Isi blog?
Ini yang paling penting, tentuin isi blog kalian. Mau ke bisnis online, grafis, game, informasi, tutorial, atau personal blog seperti yang sedang menjamur belakangan ini? Catatan penting : gunakan bahasa yang baik dan benar. Usahakan tidak mengandung SARA. No 17+ stuff please. Walaupun ga bisa dipungkiri blog semacam itu paling banyak pengunjungnya.

4. Otak-atik Blog Kalian!
Untuk yang di Wordpress.com terutama yang gratis, hal ini (ngotak-atik) blog agak susah. Paling cuma bisa ganti Theme (dari yang udah di sediain) dan nambahin Widget (yang sudah ada). Sayangnya ga bisa nambahin aplikasi Javascript. Seperti spoiler, cari tahu siapa yang lagi online, dll. Untuk Blogspot.com berbahagia lah. Kalian bisa ngekspresiin blog kalian sampe maksimal, kalian bebas ngubah blog ini dari blog biasa menjadi luar biasa seperti di blog gue ini. Muahahaha. Ini bisa menambah minat blogwalker buat (paling ga) berhenti agak lama di blog kalian.

5. Sering-sering Blogwalking
Manfaatnya blogwalking ini, bisa bandingin blog lo dan blog yang lain. Selain itu juga, lo bisa nitip link blog lo di blog lain yang lo kunjungin. Jangan lupa juga taruh link blog yang lo kunjungin di blog lo, kalau di perbolehkan.

Las things, KEEP POSTING. See you around, freshman. 

1 comment:

GrandChief said...

Selamat berblogging ria :D