Pages

Friday 5 March 2010

Tutorial Animasi Sederhana

Sebenernya gue bingung mau bikin tutorial apa, tapi untungnya kemarin ada request pertama dari senopati, blog walker nyasar ke blog ini dan minta tutorial bikin animasi kayak gini , ini atau ini .

Karena lo pengunjung pertama blog gue, lo berhak dapet tutorial yang lo mau. Here we goes.
Pertama, buka Adobe Photoshop yang lo punya. Versi berapa pun ga masalah, tapi gue masih pake versi lama, versi 7.0. I know it’s kind of “cupu”. Terus siapin tiga atau berapapun foto yang lo jadiin animasi. Kalo bisa tu foto bersambung atau ada gerakannya.
1.Buka foto lo di Adobe Photoshop. Gue pake 2 foto ini.

Ignore my face please ..


2.Taroh di layer yang berbeda.


3.Save gambar ke format .psd. Nah, sekarang buka Adobe ImageReady. Open gambar .psd yang udah lo save. Aktifin tanda “indicates layer visibility”. Ini fungsinya biar salah 1 layer aja yang keliatan.


4.Duplicate gambar yang ada di frame 1 dengan klik “duplicates current frame”. Kalo di ImageReady lo ga muncul Animation Windows, pergi ke toolbar windows -> animations


5.Sekarang berarti ada 2 gambar yang sama di frame 1 dan frame 2, yang namanya animasi kan ga mungkin gambarnya satu doang dan gerakannya sama. Ya to? Klik frame 2 dan sekarang cabut ke Layer Window. Klik “indicates layer visibility" di layer 1 buat ngilangin gambar. Atau lo bisa klik layer 1 dan bikin Opacitynya jadi 0%. Jadi yang keliatan di frame 2 cuman layer 0.

Gini atau gini

6.Sampai disini sebenernya animasi lo udah jadi, ga percaya? Coba aja klik
“plays/stops animation” di Animation Window. Ya, kan? Tapi gerakan animasi lo jadi cepet banget. Nah, buat nyetting animasi lo biar agak lambat block kedua frame dan klik bagian bawah frame atau “select frame delay time”.



7. Kali ini animasi lo udah bener-bener jadi. Atur-atur aja delay waktu yang lo mau. Kalo udah tinggal ngesavenya. Liat Optimize Windows, ubah Optimized file formad dari JPEG ke GIF.


Tahap terakhir, klik File -> Save Optimized As -> Save. Foila, animasi lo udah kesimpen dengan rapi. Selamat!!

I'm dewilicious signing off. See you in the next post. Jangan lupa mampir ke blog gue yang ini.
Eat you later!!